Anangguru Dalam Sistim Ketatanegaraan Di Kerajaan Bima

91402582_10207215638024792_6763938411565809664_nKerajaan Bima nemiliki struktur yang lengkap.Salah satu jabatan atau pangkat menengah dalam nomenklatur ketatanegaraan kerajaan Bima adalah Anangguru. Dalam lampiran VIII Bo Sangaji Kai dijelaskan pengertian Anangguru sebagai berikut.

Anangguru adalah pangkat menengah, dicatat disini adalah Anangguru yang menjadi anggota majelis adat, atau kepala dari satu kelompok masyarakat lain dari satu DARI. Dalam hal ini mengepalai para Dari. Sedangkan Dari adalah kelompok masyarakat yang memiliki keahlian tertentu dalam masyarakat Bima seperti Dari Genda( ahli gendang), Dari ndede( Pandai besi), Dari Silu( ahli meniup silu) dan Dari Dari lainnya.

Jadi Anangguru adalah pejabat dengan pangkat menengah.Kalau dalam militer adalah perwira menengah.Kalau dalam kelompok masyarakat, anangguru adalah kepala dari para DARI.

Dalam struktur militer kerajaan Bima, ada 4 jabatan Anangguru yaitu Anangguru Kapitan, perwira sepasukan khusus memakai senapan.Anangguru Latunang setingkat dibawah Anangguru Kapitan. Anangguru Sumpi perwira yang memimpin lasykar bersumpit dan Anangguru Wera yaitu kepala Lasykar pasukan dari Wera.

Jabatan Anangguru di luar militer cukup banyak. Anangguru Mangaji yaitu kepala Dari Mangaji Tua dan Mangaji Sampela yang merupakan anggota Majelis Sara Hukum. Anangguru Mantera yaitu kepala para kelasi kapal. Anangguru Mboda Na’e adalah kepala semua Anangguru Mboda atau pesuruh( Caraka). Anangguru Mboda Sabicarakai adalah Kepala Pesuruh Raja Bicara. Anangguru Mpa’a adalah petugas yang mengurus tarian klasik Istana. Anangguru Robo adalah kepala Dari Marbot masjid kesultanan Bima. Anangguru Sape yaitu majelis Sara Tua.

Sebagai kepala kelompok para Dari( kelompok masyarakat dengan keahlian khusus), jabatan anangguru cukup banyak seperti Anangguru Cendawa ( peramu obat ), Anangguru Genda yaitu kepala urusan gendang dan alat musik kerajaan.Anangguru Ndede Masa yaitu kepala urusan pandai emas Istana. Anangguru Pakoro yaitu kepala urusan konsumsi kerajaan.

Jabatan Anangguru sangat banyak dalam ketatanegaraan kerajaan dan kesultanan Bima. Itulah kekayaan khasanah dari ketatanegaraan kerajaan dan kesultanan Bima yang akan tetap menjadi bagian dari perjalanan sejarah Bima untuk dikenang oleh generasi kini dan akan datang.

Asi Mbojo, 25 Maret 2020

Foto : Fahru Rizki

 

Diterbitkan oleh Alan Malingi

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial Budaya Lahir di Bima, 20 April 1973. Kontak Person 08123734986-0811390858.Email :alanmalingi2@yahoo.com, alanmalingimalingi@gmail.com, facebook,WA,Twitter, Istagram Alan Malingi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s