Genda Mbojo

Hampir seluruh aktifitas instrument music di Bima Dompu selalu menggunakan Gendang. Alat music perkusi ini bias dikatakan sebagai domain utama instrument music Bima-Dompu. Apa dan bagaimana Genda Mbojo ini ? berikut beberapa keterangan tentang Genda.

 

 

 

Genda atau gendang sebagai salah satu alat musik tradisional Bima Dompu merupakan jenis alat musik Perkusi. Genda juga dapat dikategorikan sebagai sebuah sajian musik dalam bentuk ansambel. Hampir seluruh tarian dan atraksi kesenian tradisional Bima Dompu selalu menggunakan Genda sebagai musik pengiring. Menurut seniman Bima Linda Yuliarti, Genda adalah alat musik Membranophone yang berbentuk silinder dan menggunakan membran pada dua sisinya yang berfungsi sebagai pengatur tempo dan dinamik dalam mengiringi tarian atau atraksi seni budaya Bima Dompu seperti Gantao, Mpa’a Sila, Buja Kadanda dan lain-lain.

Bahan pembuatan Genda adalah dari Kayu (Yang ideal adalah Kayu Nangka), kulit kambing dan rotan. Jumlah genda dalam setiap pertunjukkan biasanya satu pasang( Dua Gendang), masing-masing disebut Ina Genda dan Ana Genda (Ibu dan Anak Gendang). Kedua gendang tersebut (Ana dan Ina Genda) memiliki ukuran yang berbeda, begitu pula dengan irama dan nadanya.

Menurut seniman tradisional Bima Dompu M. Hilir Ismail, Genda yang berkualitas harus dibuat dari Kayu Nangka. Karena kayu nangka dikenal sangat nyaring bunyinya. Sedangkan untuk membrannya adalah dari kulit Kambing (Huri Mbe’e) yang teruji kuat dan tahan lama. Ukuran Genda sebagai pengiring Tari Kalsik lebih besar dibandingkan dengan ukuran Genda pengiring Tari Rakyat. Ukuran silinder Genda Na’e (Gendang Besar) adalah sebagai berikut :  Tinggi lebih kurang 66 cm, garis tengah bagian atas lebih kurang 30 cm, garis tengah bagian bawah lebih kurang 21 cm. Ukuran silinder Genda To’i (Gendang Kecil) adalah tinggi lebih kurang 40 cm, garis tengah bagian atas lebih kurang 20 cm, garis tengah bagian bawah lebih kurang 16 cm.

Bagian fisik Genda terdiri dari Ponto Genda ( Penampang Gendang) ditutup dengan kulit kambing. Ai Genda (Tali Gendang) dibuat dari rotan. Sarumbu Genda (Badang Gendang) dibuat dari kayu nangka(Boleh Juga dari jenis kayu lainnya). Ana Genda (Pemukul Gendang) dibuat dari potongan kayu dengan ukuran lebih kurang 15 cm.(sumber : Mengenal Alat Musik Tradisional Bima-Dompu, alan malingi)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s