Mengenal Pasukan Suba Kerajaan Bima

IMG_9420Secara harfiah Suba berarti tombak. Dalam BO Sangaji Kai Suba disebut Tentara. Dari tingkatannya, Suba dibagi dalam dua kategori yaitu Suba Na’e dan Suba To’i. Suba Na’e adalah bagian tentara yang mempunyai tugas atau tempat terhormat. Suba to’i adalah serdadu biasa( BO Sangaji Kai, 629). Suba Na’e yaitu prajurit-prajurit tangkas yang langsung dibawah komando Bumi Renda. Suba To’i bertugas sebagai caraka atau penyampai pesan dan teguran.

Dalam Suba juga terdapat Dari Bedi, Dari Ngoco Bumi Roka. Dari Bedi adalah kelompok pasukan Artileri yang menguasai meriam terutama untuk penembakan Salto kehormatan. Dari Ngoco adalah kelompok pasukan yang bertugas sebagai kelompok pemangkul senjata-senjata dan perlengkapan perang kerajaan. Sedangkan Bumi Roka adalah kelompok pasukan yang bertugas membersihkan dan merawat senjata-senjata, tombak dan peralatan perang.

Dari fungsinya, Suba bisa dikatakan sebagai Angkatan Darat Kerajaan Bima. Pada perkembangannya dibentuklah Suba Tolo Tui, Suba Monca, Suba Ngoco dan Suba Ngaji. Pasukan Suba ada yang berseragam merah, kuning, hitam dan putih.

Pasukan Suba Ngaji berseragam putih-putih. Pasukan ini adalah pasukan khusus yang dibentuk sultan Ismail MuhammadSyah, sultan Bima ke-10 yang memerintah pada tahun 1819- 1854. Suba Ngaji dibentuk khusus untuk menumpas bajak laut di perairan pulau Sumbawa packa letusan Tambora 1815. Pasukan ini berhasil mempersembahkan penggalan kepala Pabelo atau bajak laut kehadapan Sultan Ismail.

#ayokeasimbojo
#museumdihatiku

Diterbitkan oleh Alan Malingi

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial Budaya Lahir di Bima, 20 April 1973. Kontak Person 08123734986-0811390858.Email :alanmalingi2@yahoo.com, alanmalingimalingi@gmail.com, facebook,WA,Twitter, Istagram Alan Malingi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s