Makna Hidup Pada Motif Bunga Satako

84329544_10206977575233371_8573765556254015488_o
Motif Bunga Satako Pada Lare-Lare Asi Mbojo 

Bunga Satako adalah Bunga Setangkai. Di lingkungan Asi Mbojo, kita temukan motif ini di Lare Lare dan Lawa Kala, di Asi Bou sebelah timur Asi Mbojo dan yang mencengangkan adalah motif bunga Satako pada Mahkota dan beberapa keris Tatarapang.

Bunga Satako adalah simbol kepribadian seseorang seperti setangkai bunga yang menebar harum dan keindahan dalam hidupnya. Kumpulan Bunga Satako akan menjadi Bunga Samobo atau bunga sekuntum yang menjadi simbol harumnya sebuah komunitas masyarakat. Intinya pribadi seperti bunga Satako akan senantiasa menebar kebaikan, menebar harum, menebar keramahan, baik dalam tutur kata maupun perbuatan.

Bung Satako adalah wasiat yang dititipkan kepada generasi dalam berbagai bentuk baik dalam tenunan, ornamen dan bahkan pada nisan. Dari Bunga Satako, kita dapat memetik hikmah bahwa yang dibangun oleh leluhur masyarakat Bima bukan saja kemegahan Istana, tetapi kepribadian manusia seutuhnya.

Membangun kepribadian adalah investasi masa depan yang sangat mahal nilainya. Mari Menjadi Bunga Satako.

#ayokesimbojo
#museumdihatiku

 

 

 

 

Diterbitkan oleh Alan Malingi

Penulis dan Pemerhati Masalah Sosial Budaya Lahir di Bima, 20 April 1973. Kontak Person 08123734986-0811390858.Email :alanmalingi2@yahoo.com, alanmalingimalingi@gmail.com, facebook,WA,Twitter, Istagram Alan Malingi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s