Kue Bingka

kue bingkaKue tradisional Mbojo ini disebut Bingka. Bahan Utamanya adalah tepung beras dan kelapa parut dan sedikit garam Kadang dalam adonannya juga disertakan seukuran kecil kelapa sisa yang diparut. Kue Bingka digolongkan pangaha Caba atau kue tawar yang tidak manis. karena Bingka tidak memakai gula. Rasanya renyah dan agak asin diujung ujungnya karena ada sediikit garam dalam adonannya.

Proses pembuatan kue Bingka adalah dengan cara dibakar dan dibungkus daun pisang. Adonan sengaja dibuat persegi empat seperti kue lapis dan dipotong potong dengan ukuran tertentu. Kue Bingka adalah salah satu kue higienis karena proses pembuatannya tidak digoreng. Bingka sangat cocok untuk sarapan pagi pengganti nasi atau kudapan pagi sambil menikmati Kopi atau teh panas.

Saat ini pembuat Binga sudah langka. Penjualannya pun sudah langka. Saya pernah membeli Bingka di pasar raya Bima. Biasanya penjual Bingka berjualan pada sore hari di antara para penjual ikan, sayur mayur dan buah buahan di pasar lama Bima. Di Pasa Ama Hami kota Bima juga masih ditemukan penjual Bingka, namun jumlahnya sudah berkurang.

Mari lestarikan kuliner tradisional Mbojo……..!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s