Salam Lestari Dari Makembo

salam-lestari-makemboMendokumentasikan dan meliput kesenian dan budaya adalah salah satu upaya menggali, mengangkat, memperkenalkan dan mempromosikan serta melestarikan kesenian dan budaya. Tanpa itu, kesenian dan budaya tidak akan pernah dikenang dan dikenal. Sejak awal terbentuk, Komunitas Budaya Makembo berpatner dengan Kosambo, Mecidana dan BJJ serta Armada Finance. Hasilnya, memang telah banyak melakukan pendokumentasian kesenian baik di kota maupun Kabupaten Bima. Kegiatan itu sama sekali berlatarbelakang kepedulian atas eksistensi kesenian dan kebudayaan Mbojo dan pendanaannya adalah murni swadaya Makembo dan patnernya serta para donatur . Selama kegiatan itu, Makembo tidak pernah melayangkan proposal ke Pemerintah.

Tentu tidak sekedar meliput dan mendokumentasikan, di lokasi, anggota Makembo berinteraksi dan berdiskusi dengan para seniman dan tokoh setempat untuk menjaring masukan dan data. Kegiatan peliputan dan pendokumentasian kesenian semata-mata diarahkan untuk menyiapkan data kesenian baik secara tertulis maupun visual untuk berbagai kepentingan, terutama pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan data tentang kesenian Mbojo. Selama dua tahun terakhir, banyak pelajar, mahasiswa dan peneliti yang mendatangi sekretariat Makembo untuk kebutuhan penelitiannya.
Jika hasil pendokumentasian itu dibutuhkan oleh pemerintah dan lembaga donor lainnya dalam sebuah project, tentu itu akan sangat berharga bagi Makembo untuk menambah pendanaan dalam rangka terus menggali dan mengangkat seni budaya Mbojo.Karya seni dan seniman pun akan dikenal luas. Makembo membuka diri untuk menjalin kerja sama kemitraan dengan lembaga manapun demi satu Visi ” Budaya Mbojo Lestari “.

Salam Lestari…… !

Penulis : Alan Malingi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s