Bunga Dolu

bunga-doluPada setiap perayaan Hanta UA PUA, rangkaian Bunga Dolu atau Bunga Telur selalu ada. Bunga Dolu di tempatkan di dalam Uma Kalei atau Rumah Mahligai yang diusung oleh 44 lelaki berbadan kekar dimana di atasnya terdapat penghulu melayu, penari lenggo, dan tempat menyimpan Bunga Dolu serta Kitab Suci alqur’an.

Bunga Dolu biasanya  disimpan di sebuah benda yang berbentuk segi empet panjang yang diatur secara aristik. Benda itu tempat 99 bunga Dolu(Bunga Telur). Bunga telur terbuat dari telur ayam yang dibungkus dengan kertas minyak yang beraneka warna. Tangkainya terbuat dari kayu atau bambu sepanjang 30 cm dan ditancapkan pada  wadah segi empat bersama sirih pinang dan Kitab suci Alqur’an di tengah-tengahnya. Bunga Dolu berjumlah 99 itu melambangkan Asmaul Husnah dan Al-Qur’an sebagai kitabullah. Benda ini lah yang dikelilingi oleh para penari.

 

Empat penari pria dan empat penari wanita yang terus menari mengelilingi benda di dalam Uma Kalei, melambangkan bahwa Islam bukan Agama yang tidak menghargai seni melainkan menempatkan seni sebagai media untuk menyampaikan Dakwah.

 

Penghulu Melayu berpakain kebesaran dan dipayungi, duduk di bagian depan Uma Kalei  menyerahkan Bunga Dolu dan Al-Qur’an kepada Sultan. Hal ini mengingatkan akan guru – guru serta mubalig Minanfgkabau yang membawa Islam ke Bima, mereka dipayungi, berarti  dimuliakan dan dihormati.

 

Penulis : Alan Malingi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s