Wisata Gua Tambora

gua-tambora1Lingkar Utara Tambora cukup menjanjikan harapan menjadi destinasi wisata unggulan kabupaten Bima. Tambora tidak hanya terkenal dengan letusan dahsyat, pendakian dan kaldera, kebun kopi, savana, air terjun dan pantai, namun bisa juga dikembangkan wisata gua. Di Lereng Tambora terdapat gua yang terbentuk dari endapan magma letusan Gunung Tambora tahun 1815, baik yang ada di daratan maupun pinggir pantai. Gua di kawasan Tambora umumnya terbentuk dari proses rembesan aliran sungai yang dilewati lava tertutup oleh sebagian material batuan luar menutup aliran sungai membentuk gua bawah tanah.

 

Ada beberapa gua yang telah teridentifikasi oleh kami yang ada di wilayah kecamatan Tambora dan kecamatan Sanggar. Gua di desa Piong Kecamatan Sanggar yakni Gua Labu Bili Nae Dan Labu Bili Toi, Gua Ubarasi, Gua La Hami, Gua Lompa. Gua ini pertama kali di tahun 2006 digunakan sebagai obyek penelitian dan obyek wisata oleh As`ad, S.Pd bersama siswanya ketika melakukan pendidikan latihan dasar anggota baru pramuka dan siswa pecinta SMAN 1 Sanggar  Kabupaten Bima. 

 

gua-tamboraGua ini terletak di desa Piongkecamatan Sanggar Kab. Bima-NTB. Saat ini beberapa gua yang ada di kawasan ini dijadikan obyek penelitian ilmu Speleologi oleh Lembaga Kearifan Lokal Indonesia(LKLI).

 

Penulis : As’ad, S.Pd ( Lembaga Kearifan Lokal Indonesia )

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s