Gemulai Sanggar

gemulai-sanggarDalam balutan keindahan Senja di pantai So Tengke desa Boro kecamatan Sanggar, tim Majelis Kebudayaan Mbojo,Mecidana dan Birokrat Jalan Jalan mendokumentasikan 2 Tarian klasik Sanggar yaitu Ngona Ngona sama atau Sampola Winen dan Tari Toja Ro Dewa. Ngona ngona sama berarti bermain bersama.Sebuah persembahan tari klasik yang dimainkan oleh remaja puteri sebagai ungkapan kegembiraan atas hasil panen yang melimpah.Sedangkan Toja ro Dewa adalah tarian persembahan untuk Raja dan Roh Halus. Tapi saat ini tarian klasik Sanggar dipersembahkan sebagai hiburan biasa.

gemulai-sanggar1Sanggar sebagai sebuah bekas kerajaan di bibir utara pulau Sumbawa dan berhadapan dengan laut Flores masih menyimpan seni budaya dan tradisi warisan kejayaannya dulu. Sanggar bergabung dengan Bima pda tahun 1926 dan menjadi salah satu kecamatan di kabupaten Bima. Negeri Sanggar yang berhadapan dengan laut memilliki benteng pertahahan yaitu Takapase, Kaniki dan Lawang Kuni. Namun sayang benteng-benteng itu tinggal puing dan perlu direkonstruksi.

 

nisa-mbeeLokasi Pantai So Tengke dengan bentangan pasir putih sepanjang 10 KM di desa Boro kecamatan Sanggar.So Tengke pada masa lalu menjadi areal perburuan rusa pasca panen di kerajaan Sanggar. Rusa-rusa dijebak dalam jebakan khusus yang disebut Parangga dan yang lolos diarahkan ke laut untuk ditangkap dan langsung disembelih.

 

Penulis : Alan Malingi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s