Pohon Berbuah Batu

kalibuda
Foto Travel Detik 

Di tepi selatan Danau Satonda di sebelah barat gunung Tambora, ada sebuah pohon yang banyak bergantungan batu-batu. Pohon diyakini oleh sebagian warga dan pengunjung pulau Satonda sebagai pohon keramat. Ada juga yang menyebutnya pohon batu. Konon, jika menggantungkan batu di pohon ini, maka segala niat dan cita-cita akan terkabul seperti mencari jodoh, jabatan, memiliki keturunan dan hajatan-hajatan lainnya. Nama lain dari pohon ini adalah Raen. Kemudian di bawah pohon ini ada sebuah gundukan batu yang diyakini menjadi tanda hilangnya raga Muma Niga, salah seorang keluarga kesultanan Bima. Siapakah Muma Niga ? Hingga saat ini belum diketahui.

Orang yang menggantungkan batu di pohon ini tidak hanya masyarakat biasa, para pejabat dan petinggi Negara juga menyempatkan untuk menggantungkan batu di Kalibuda. “ di antara sekian gantungan batu di Kalibuda terdapat batu Sudomo, ketua DPA di era Orde Baru , ketika ke Satonda 28 Mei 1993.Di situ ada juga batu mantan Bupati Bima Adi Haryanto. “ Tulis Muslimin Hamzah Dalam Ensiklopedia Bima halaman 190.

Pohon berbuah batu, telah menjadi bagian dari mistitisme Pulau Satonda dan gunung Tambora nan eksotik. Kepercayaan tentang terkabulnya cita-cita dengan menggantungkan batu di Kalibuda adalah bagian dari keyakinan lama tentang berbagai jenis pohon, batu dan benda-benda ciptaan Allah yang memiliki tuah dan keramat. Keramat dan saktinya benda-benda itu, tentu lebih sakti Sang PenciptaNya.

Penulis :  Alan Malingi

Sumber : Muslimin Hamzah, Ensiklopedia Bima

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s