Konotasi Range

range1Range adalah nama salah satu kue tradisional Mbojo.Range terbuat dari beras ketan, kelapa dan gula. Rasanya manis dan gurih. Tapi di kalangan masyarakat Bima, nama Range kadang berkonotasi porno yang diindentikkan dengan alat kelamin perempuan. Ada pula jenis kue lainnya yang berkonotasi pada kelamin perempuan yaitu kue Kalempe. Entah apa yang menyebabkan dua jenis kue ini “berkonotasi” pada alat kelamin perempuan.Apakah karena bentuknya yang mirip ? oh, mungkin tidak ya. Tetapi semuanya kita kembalikan kepada tutur masyarakat yang telah berlangsung lama.

Pada masa lalu Range sering menjadi pelengkap dalam Jangko. Jangko adalah wejangan yang berisi berbagai macam jenis kue dan nasi yang disebut oha santa dan oha mina dalam acara-acara doa dan hajatan warga. Biasanya setelah doa dibagikan Jangko yang di dalamnya juga berisi kue Range.

Terlepas dari konotasi dalam range, kue tradisional Bima yang satu ini sangat digemari. Apalagi dibelahannya ada gula putih dan bercampur dengan gurihnya adonan beras ketan dan kelapa yang menjadi bahan dasar pembuatan Range. Kue Range dihasilkan dengan dibakar di atas bara api. Untuk menghasilkan bentuk Range memang ada catakan khusus.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s