Desa Banyak Dermaga

bajo-pulau1Desa Bajo Pulau yang terletak di sisi utara selat Sape layak dinobatkan sebagai desa yang memiliki banyak dermaga baik untuk Nusa Tenggara Barat maupun Indonesia. Desa yang warganya mengandalkan moda transportasi laut ini memiliki lima dermaga dan beberapa tempat tambatan perahu. Tiga dusun di Bajo Pulau yaitu dusun Bajo Barat, Bajo Tengah dan Bajo Pasir Putih memiliki dermaga dengan panjang  enam sampai sepuluh meter dan lebar sekitar dua meter.

Di Bajo Pulau bagian barat memiliki dua dermaga di sisi timur pulau itu dan beberapa tambatan perahu yang langsung berhadapan dengan rumah-rumah warga. Di dusun Bajo Tengah terdapat satu buah dermaga dan satu buah tempat pendaratan perahu alami yang berlokasi di antara dusun bajo barat dengan Bajo Tengah. Sedangkan di Bajo pasir putih terdapat satu dermaga yang berlokasi di sebelah utara pantai pasir putih yang merupakan salah satu obyek wisata andalan desa di tengah selat Sape ini.

bajo-pulauLayaknya seperti mobil pribadi, hampir setiap warga desa Baj Pulau memiliki perahu baik untuk moda transpoartasi maupun untuk mencari ikan. Pemandangan yang menarik setiap ke desa Bajo Pulau adalah aktivitas warganya dengan jejeran perahu sepanjang desa ini. “ Jumlah penduduk desa Bajo Pulau 1890 Jiwa dan hampir hampir separuh warga memiliki perahu motor. “ Tutur Kades Bajo Pulau Bambang H. Ahmad di kediamannya Jumat (26/8/2016).

Laut adalah bagian penting dan tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas warga desa Bajo Pulau. Setiap saat hilir mudik perahu nelayan dan perahu yang mengangkut warga dari pelabuhan Sape menuju tiga dusun di desa ini menjadi pemandanga indah setiap menuju desa yang hanya ditempuh dengan penyeberangan singkat tak lebih dari  sepuluh menit dari pelabuhan Sape. Aktivitas penyeberangan di selat Sape berlangung dari semenjak subuh hingga petang hari. Biaya penyeberangan menuju Bajo Pulo per orang hanya sebesar Rp.5.000. Ayo berwisata bahari ke Bajo Pulau…..!

Penulis : Alan Malingi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s