Bolu Mbojo

bolu-mbojo1Bolu Mantoi, demikianlah orang-orang tua di Bima sering menyebut kue tradisional Mbojo yang satu ini. Bolu Mantoi berarti Bolu lama, karena saat ini berkembang banyak sekali kue bolu yang dihasilkan dengan serba cepat melalui peralatan memasak yang kian canggih. Saya masih ingat, nenek saya dulu membuat Bolu ini dengan cetakan dari besi dengan bentuk bulat tetapi dibagian bawahnya lingkarannya agak mengecil. Bolu Mbojo rasanya tidak terlalu manis. Bahan pembuatannya adalah tepung terigu, telur, gula dan sedikit soda agar Bolu mengembang.

Siti Maryam, penjual Bolu Mbojo asal kampung Salama Kota Bima menuturkan, pembuatan Bolu Mbojo dalam skala kecil dan untuk kebutuhan keluarga dibutukan 2 kilo terigu, 1 kilo gula pasir, 10 butir telur dan satu setengah sendok soda. “ Tapi kalau dibuat untuk kebutuhan hajatan atau dijual, maka kebutuhan bahan lebih banyak lagi. “ Tutur Siti Maryam yang menekuni pembuatan Bolu Mbojo sejak sepuluh tahun lalu.

Bolu Mbojo masih tetap dijual di pasar Amahami Kota Bima. Kadang juga dijual dalam kemasan plastic  dengan harga Rp.10.000. Di Pasar Amahami, Bolu Mbojo dijual dengan harga Rp.5.000 untuk 6 buah Bolu Mbojo.

Penulis : Alan Malingi

Informan : Siti Maryam, 55 Tahun Salama Kota Bima

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s