Mencicipi Sayur Sambi

sambi3
Daun Kosambi basah

Mau makan sayur enak dan kaya manfaat ? Cobalah cicipi sayur dari Ro’o Sambi. Sambi atau bahasa Indonesianya kesambi atau kosambi memiliki nama latin  Schleichera oleosa. Pohon kesambi menyebar  mulai dari  kaki Pegunungan Himalaya  dan dataran tinggi Dekan bagian barat di anak benua India, terus ke Srilangka  hingga Indocina . Kemungkinan pada masa lampau tumbuhan ini dibawa masuk ke kawasa Malaysia  termasuk Indonesia, dan kemudian meliar di sana. Di Indonesia terutama ditemukan di wilayah-wilayah dengan  musim kemarau yang kuat, mulai dari belahan timur  Jawa,  Bali , Nusa Tenggara , Sulawesi, Maluku  (Seram dan Kepulauan Kai). Kesambi tumbuh  liar atau ditanam. Di Bima kesambi banyak ditemukan di pegunungan di sekitar Kota Bima maupun Kabupaten Bima.

Masyarakat Bima menggunakan daun kosambi sebagai sayuran, terutama sayur santan dengan dicampur daging Sapi, kerbau maupun Rusa. Sepanjang perjalanan sejarah, Ro’o Sambi adalah makanan istana Bima dengan dicampur tulang dan daging Rusa. Untuk dijual di pasar dalam keadaan basah seperti dalam foto ini, Ina Hafsah, 50 tahun, pedagang di pasar Amahami Kota Bima menuturkan, Ro’o Sambi dipetik dari pohonnya dan dipilih yang kuncup-kuncup yang masih muda. Lalu direbus selama setengah jam, setelah matang dikeluarkan sampai dingin. Setelah itu dicampur sedikit air dan dikumpulkan dan dibuat menjadi bulat kecil-kecil seperti bola pimpong. “ Ro’o Sambi siap dijual ke pasar dengan harga, tiga buah sebesar Rp.1000. “ Tutur Ina Hafsah yang sudah bertahun-tahun menjual Ro’o Sambi. Murah bukan ? Ro’o Sambi juga bisa dikeringkan untuk dibawa keluar daerah seperti Jakarta, Makassar dan Mataram serta daerah-daerah lainnya. “ Biasanya dikeringkan untuk dibawa ke luar daerah, nanti disana tinggal dicampur lagi dengan air hangat dan dimasak. “ Tutur Ina Hafsah.

Disamping enak dengan aroma khusus Ro’o Sambi yang dicampur daging atau tulang Rusa, Ro’o Sambi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ro’o Sambi berkhasiat sebagai obat eksim, obat kudis, obat koreng dan obat radang telinga. Untuk obat eksem dipakai ± 15 gram daun segar kesambi, dicuci, direbus dengan 3 gelas air selama 25 menit, disaring. Tidak hanya. Daun Muda kesambi bisa juga dijadikan sayur asam. Bahkan dapat dimakan mentah sebagai lalapan meski rasanya sepat. Daun kering kesambi dapat dibakar dan asapnya digunakan untuk pengobatan (pengasapan) penyakit kudis dan gatal-gatal, Tentu tidak hanya daun, mulai dari pohon, batang, hingga biji, Kesambi atau Fu’u Sambi dalam bahasa Bima cukup banyak khasiatnya. Termasuk minyak kesambi yang memiliki  banyak manfaat.

Penulis : Alan Malingi

 

Sumber :

  1. Wikipedia Indonesia
  2. http://anggirocker.blogspot.co.id/2012/11/kesambi-tanaman-langka-manfaat-dan.html

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s