Isyarat Lewat Tangga

1907470_10200418440499102_3565799165417364724_nSepintas tidak ada yang aneh dan unik dari rumah panggung ini. Tapi jika kita perhatikan rumah ini tidak bertangga. kenapa demikian ? sebenarnya rumah ini mempunyai tangga. Tidak mungkin dunk rumah tak bertangga. Pemilik rumah ini sengaja melepas tangga depan rumahnya dan menyimpannya di belakang rumah. Dalam bahasa bima dikenal dengan «cala a’u» yaitu melepas tangga depan rumah sebagai isyarat bahwa pemilik rumah akan pergi jauh atau pergi berladang dalam waktu yang lama. Dengan isyarat ini,tetangga dan para tamu tidak perlu lagi masuk halaman rumah dan bertanya tanya. Dengan sendirinya orang orang kampung mengetahui bahwa pemilik rumah sedang tidak ada di tempat dan tidak perlu ditunggu.

Dalam kebudayaan lengge juga isyarat seperti ini sudah mahfum bagi nenek moyang masyarakat bima.Dari cara menyimpan tangga, orang sudah mengetahui keberadaan pemilik rumah. Jika tangga lengge disimpan di samping pintu lengge, berarti penghuninya tidak jauh dari uma lengge. jika disimpan jauh. Dibelakang lengge maka penghuninya telah pergi jauh.Inilah komunikasi tradisional yang telah turun temurun terwarisi hingga saat ini terutama di desa desa terpencil dan dihamparan ladang di wilayah Bima dan Dompu.Meskipun saat ini alat dan jaringan komunikasi semakin canggih menerjang kehidupan masyarakat.

Tapi tradisi melepas Tangga tetap dilakukan apakaj ini sebagai bentuk upaya menjaga keberlangsungan tradisi atau memang yang punya rumah ini tidak memiliki sarana telekomunikasi seperti Hand phone ata alat komunikasi lainnya. Yang jelas, keadaan rumah seperti ini banyak dijummpai di desa-desa terpencil di wilayah Bima, Dompu dan bahkan hingga Sumbawa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s