Senandung Hamparan Ladang

ImageTidak perlu berdandan dan berpakaian yang wah. Sederhana dan seadanya. Karena mereka akan tampil di hamparan ladang dan Huma uantuk mengiringi tradisi menanam masyarakat yang ada di lereng-lereng pegunungan di Bima yang dikenal dengan Sagele. Pagi hari, ketika mentari menyapa pagi dan burung-burung berkicau riang menyambut kehidupan. Warga di sekitar lereng gunung Ntobo dan Ndano Nae mulai bersiap-siap menuju hamparan ladang dan Huma untuk menanam.

            Demikian halnya Siti Badriah (25 tahun) dan Abdul Muis (30 Tahun) warga Ndano Nae kelurahan Ntobo Kota Bima ini. Mereka sudah siap dengan Gambo (sejenis alat music petik khas Bima ) atau yang disebut juga Gambus, seperangkat sound sistim sederhana berupa micropon dan toa kecil. Keduanya akan mengiringi derap langkah Sagele (menanam) warga Ndano Nae pagi itu Minggu ( 8/12). Dengan lagu-lagu Bima dan patu Cambe Angi (Berbalas pantun) keduanya mengiringi warga yang menanam. Ketika pennanam padi menuruni bukit, mereka pun ikut turun. Demikian pula ketika para penanam padi menaiki bukit, mereka pun tetap ikut dan memetik Gambu sambil bersenandung.

            Badriah dan Muis adalah artis di Hamparan Huma yang menghibur para peladang pada masa-masa bertanam seperti ini. Mereka cukup menikmati pekerjaan ini meskipun bayaran terbilang sedikit. Tapi yang penting adalah kebersamaan dalam irama Sagele. Sebuah tradisi turun temurun yang tetap eksis hingga saat ini di wilayah Bima terutama di lereng-lereng gunung mulai dari Sambori, Wawo, hingga di kota Bima. (*alan)

Iklan

One thought on “Senandung Hamparan Ladang

  1. Dikan An Key Februari 3, 2015 / 10:46 am

    aku sebenarnya tertarik banget sama budaya dan ala bima …. jelajahnya satu2 cuma kadang takut juga datangin kabupaten2 kota bima ….. thanks infonya sukses selealu ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s