Sukseskan Festival Mbojo 2013

Sukseskan Festival Mbojo 2013

Peringatan Hari Jadi Bima ke 373 tahun 2013 ini berbeda dengan peringatan di tahun-tahun sebelumnya yang hanya dirayakan dengan pawai budaya dan upacara serta kegiatan seremonial lainnya. Tahun ini, peringatan yang menandai berdirinya kesultanan Bima pada 5 Juli 1640 itu akan dirangkaikan dengan berbagai event budaya yang dikemas dalam sebuah Festival Mbojo. Sesuai rencana kegiatan budaya itu akan dilaksanakan selama sepekan mulai tanggal 28 Juni hingga tanggal 5 Juli 2013.


Sekretaris Umum Panitia H. Nurdin, SH mengemukakan kegiatan Festival Mbojo terdiri dari Pacuan Kuda Tradisional yang akan dimulai lebih awal yaitu tanggal 23 Juni 2013 dan akan berlangsung selama 10 hari. ” Disamping itu akan ada pentas seni budaya Mbojo setiap malam yang diisi dengan pameran kerajinan yang dipusatkan di lapangan Serasuba atau alun-alun Istana. ” Lanjut Kadisbudpar Kabupaten Bima ini.
Seuatu yang monumental dan sakral juga akan digelar adalah penobatan Sultan Bima ke-16, Jena Teke (Putera Mahkota) H.Ferry Zulkarnain, ST Bin Sultan Abdul Kahir II yang akan dilaksanakan di Asi Mbojo pada tanggal 4 Juli dan dilanjutkan dengan pertemuan Raja dan Sultan Nusantara. ” Silaturahmi Nasional itu digelar dalam rangka persiapan Festival Keraton Nusantara yang akan dipusatkan di Bima pada tahun 2014 mendatang. ” Lanjut Nurdin. Disamping agenda tersebut, festival Mbojo juga akan dimeriahkan oleh sejumlah elemen dengan berbagai kegiatan seperti dari Forum Komuikasi Sabua Ade(Fokka) Jakarta yang merupakan perkumpulan orang-orang Bima di Jakarta yang akan menggelar kegiatan sosial budaya serta Touring, dan kegiatan Dana Mbojo Membaca melalui peluncuran buku BM Sang Pijar dari Komunitas Babuju. ” Mudah-mudahan semua ini bisa dikordinasikan dan disingkronisasikan dalam satu bingkai Festival Mbojo. ” Harap Nurdin.
Bagi para wisatawan maupun pemerhati budaya, seniman dan budayawan serta group-group Travel yang ingin ke Bima menyaksikan Gawe Budaya tersebut, bisa menghubungi kontak person Alan Malingi 08123734986-081918003096 atau email alanmalingi2@yahoo.com(Alan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s