Sadopa Sandal Anti Rematik

Sadopa adalah sandal tradisional masyarakat Bima yang digunakan berabad-abad lamanya. Mereka (nenek moyang masyarakat Bima) hidup menyatu dengan alam dan rata-rata berusia lebih dari seratus tahun. Kenapa usia mereka bisa seperti itu ? menurut penelitian, salah satunya adalah karena sandal Sadopa yang dipakainya sehari-hari yang cukup efektif untuk melancarkan peredaran darah terutama mulai dari kaki. Sadopa yang cukup keras dan berpadu dengan jalanan yang berbatu dan kerikil sangat membantu pijatan telapak kaki untuk memompa darah terutama ketika beraktifitas.

Sadopa terbuat dari Kayu hutan yang kuat dan tahan lama seperti kayu Sopa, Kayu Impi dan ada juga dari kayu Nangka.  Cara membuat Sadopa adalah dengan memotong kayu-kayu tersebut dan dibentuk menyerupai sandal sesuai ukuran kaki pemakainya. Hanya saja perbedaannya dengan sandal, Sadopa hanya mempunyai Tangkai di depan yang berfungsi untuk memasukan celah antara Jari dengan ibu jari kaki.   Pada masa lalu, setiap Rumah masyarakat Bima  memiliki Sadopa.Karena sesuai zamannya, hanya Sadopalah yang mereka tahu dan mudah cara pembuatannya.

Dalam konteks kekinian, Sadopa tentu masih relevan baik untuk kesehatan maupun sebagai souvenir untuk wisatawan.  Hal ini tentunya disamping untuk melestarikan Sadopa, juga sebagai promosi wisata dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

 

2 thoughts on “Sadopa Sandal Anti Rematik

  1. Aurora Manoa Desember 24, 2013 / 9:40 am

    itu bkan sadopa nmax mas alan tapi karumpa klo bhasa lambitux…biasax sadopa terbuat dr karet sprt karet ban mobil…klo yg terbuat dr kau nma karumpa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s