Puri-Puri Kalo

Masa kanak-kanak adalah masa bermain. Permainan yang ditampilkan cukup beragam, Ada kesenian yang berfungsi sebagai hiburan dan ada pula berupa olahraga guna mengadu ketangkasan, kecepatan dan kekuatan. Permainan anak-anak berupa kesenian biasa disebut dengan istilah “dolanan”. Semua jenis permainan anak-anak baik jenis dolanan maupun jenis olahraga oleh masyarakat Mbojo dinamakan “Mpa’a Rompije Dambe To’i” (permainan anak-anak).

Semua jenis Mpa’a Rompije yang tumbuh dan berkembang dikalangan anak-anak, pada dasarnya merupakan hasil tiruan mereka dari apa yang dilakukan oleh para orang tua dan masyarakat. Dengan demikian semua jenis Mpa’a Rompije itu, berpedoman pada nilai dan norma budaya Mbojo. Dengan kata lain Mpa’a Rompije merupakan media pelestarian dan pengembangan budaya bagi anak-anak.

Salah satu dari permainan atau Mp’a Ro Mpije itu adalah Puri-puri Kalo.Permainan ini  terdiri dari kata Puri-puri yang berarti memeram dan kata Kalo berarti Pisang. Puri-puri Kalo berarti memeram pisang. Puri-puri Kalo merupakan judul lagu yang mengiringi dialog dan gerak (tingkah laku) orang yang sedang memeram pisang. Fungsi permainan ini adalah Sebagai media hiburan yang sehat bagi anak-anak. Dimainkan oleh anak-anak perempuan berusia antara 7-12 tahun.

Dalam permainan ini diiringi oleh lagu Puri-Puri kalo sebagai berikut :

 

Lagu Puri-puri Kalo

Puri-puri Kalo lo

Sabua sabae

Kamidi mena woi

Bala soro wia

Mbumbu mbate

Saratu pete

Tin ntoke

Ntuku dei sabae

 

Keberadaan Mpa’a Rompije Puri-puri Kalo tidak jauh berbeda dengan Ae-aena. Pada masa lalu sangat digemari dan dicintai, namun pernah dilecehkan oleh Dou Mbojo sebagai pemilik dan pendukungnya.Sebagaimana permainan lainnya, perlu kreativitas dan inovasi pendidik untuk melestarikan permainan ini agar kembali dicintai generasinya.(Sumber : Permainan Rakyat Tradisional Bima-Dompu, M. Hilir Ismail & alan Malingi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s