Plus Minus Keberadaan Biola Katipu

Seni musik jenis ini baru berkembang di era tahun 2000 an. Biola Katipu adalah perpaduan musik Biola, Katipu (Ketipung), Gambo (Gambus), Gitar Bas, Daf dan Rawa Mbojo. Jenis musik ini cukup digemari masyarakat Bima- Dompu, karena menghadirkan nuansa baru jenis musik Rawa Mbojo dengan musik Dangdut. Lyrik  lagu yang dinyanyikan kebanyakan lyrik musik dangdut tapi syairnya dalam bahasa Bima-Dompu.

Karena merupakan perpaduan dengan musik Dangdut, banyak lirik lagu dangdut yang bersyair Bima dilantunkan dalam Biola Katipu, misalnya lirik dan isntrumen dagdut Meggy Z, Hamdan ATT, dan Caca Handika. Meskipun masih ada juga lirik-lirik Rawa Mbojo yang dilantunkan kembali dalam Harmony musik Biola Katipu.

Kehadiran Biola Katipu di tengah masyarakat Bima-Dompu memang membawa perubahan pada nuansa dan khasanah musiknya. Namun patut disayangkan, banyak pantun Bima-Dompu yang dari syair lagu-lagu dalam Biola Katipu yang kurang mendidik. Dan tidak jaran terjadi perkelahaian ketika digelar Biola Katipu.

Semua ini tentun harus menjadi perhatian masyarakat terutama para seniman dan tokoh masyarakat untuk meluruskan dan mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi keributan dan pantun yang menjadi syair lagunya menjadi berbobot, penuh nilai dan pesan moral serta mendidik.

Iklan

2 thoughts on “Plus Minus Keberadaan Biola Katipu

  1. Bangk Gondrong Bima Juli 26, 2011 / 1:41 pm

    lagu bima era dulu….harus tetap kita lestarikan….sebab itu merupakan lambang,,,,,,,sekaligus kebanggaan yg ada di tanah kita <<>>wajib bg kita sebagai generasi penerus anak bima untuk tetap melestarikan nya

  2. arief sape Juli 23, 2014 / 6:06 am

    betul sekali dan sangat setuju….klo bukan kita generasi sekarang yang melestarikannya siapa lagi, biar generasi berikutnya tau sejarah dan keberadaan nenek moyang kita”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s