Pesona Kawah dan Puncak Tambora

Puncak Tambora menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Pendakian empat sampai lima hari menuju puncak terbilang satu perjalanan yang memikat. Melewati hutan primer kalanggo yang rapat dan berukuran raksasa menjadikan manusia bagaikan noktah kecil tak berarti. Menapak hutan palma dan rotan, menelusuri kawah gersang berupa pasir dan bebatuan kering gersang.

Tiba di puncak mata menyapu sampai berbatas lengkung langit. Danau dua warna pada ketinggian 1.800 meter terbentang dalam permukaan tebing kaldera yang terjal hampir tegak lurus. Di bagian lain, mata mampu menangkap seluruh wilayah NTB sampai ke panorama yang membentuk lombok dengan puncak rinjaninya yang kokoh. Sumbawa dengan teluk saleh yang biru merangsang serta beberapa pulau- pulau kecil seperti Moyo dan Satonda lengkap dengan cantiknya laut flores di ujung yang lain.

Kaldera Tambora bergaris 6 kilometer dan dalamnya 6 ratus sampai 7 ratus meter. Bagian dasar kaldera sebelah barat laut lebih tinggi dari yang lain. Yang tertinggi adalah di sebelah utara, ditutupi semak belukar. Sedangkan di bagian timur yang terendah terdapat danau seluas 800 x 200 meter dengan kedalaman mencapai 15 meter.(Dari Berbagai Sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s