Jaga Suaka Marga Satwa Tambora….!

Kawasan hutan gunung Tambora memiliki ciri geologis yang unik. Disini terdapat jenis kayu yang dalam bahasa Bima disebut dengan Kalango ( Duabanga Molluccana). Luas kawasan ini sekitar 80.000 hektar, mulai dari ketinggian 1000 sampai 2.820 meter di atas permukaan laut. Letaknya di semenanjung Sanggar. Wilayah ini membentang sepanjang 75 km dengan lebar 35 km di sebelah utara teluk Saleh yang membelah pulau sumbawa menjadi bagian timur dan barat NTB.

Kalango merupakan satu-satunya tegakan  murni hutan primer di Indoensia, kawasan Tambora dengan sejarah letusannya yang dahsyat ini merulakan aset berharga untuk suaka marga satwa, wisata alam dan daya tarik ilmiah.

Secara administratif, bagian utara Tambora termasuk dalam wilayah Kabupaten Bima. Sedangkan bagian selatan masuk dalam wilayah Kabupaten Dompu. Semenanjung Sanggar dapat ditempuh dengan jalan setapak dari kampung Kempo Dompu, yang juga menjadi penghubung antara Sanggar, Bima dan Dompu. Bisa juga melalui Piong menuju Labuan Kananga atau lewat laut dari labuan Sumbawa melewati Calabahi dengan jarak tempuh sekitar 4 jam perjalanan laut.

Sebagian besar semenanjung timur Tambora memang telah lama menjadi areal Taman Buru ( Hunting Park). Penetapan ini telah dilakukan sejak tahun 1977 yaitu areal taman buru Tambora Timur dan Selatan. Pengelolaannya dilakukan oleh subseksi PPA Bima. Luasnya mencapai sektiar 30.000 hektar.

Kompleks hutan Tambora utara yang diusulkan untuk Suaka Marga satwa itu berada di tengah semenanjung Sanggar. Terjepit di antara areal Taman Buru yang masing-masing punya hak operasional. Artinya, areal yang dimaksudkan dengan suaka marga satwa dengan luas 80.000 hektar mulai dari ketinggian 1.000 sampai 2.820 meter dari permukaan laut, sebelah barat dan barat laut berbatasan dengan areal eks. PT. Veneer Product, dan sebelah timur berbatasan dengan Taman Buru Tambora selatan.(Dari Berbagai Sumber)

Iklan

One thought on “Jaga Suaka Marga Satwa Tambora….!

  1. hendra Januari 6, 2012 / 12:05 pm

    mada lingi adeku labo mbojo, auwalipa labo ngaha timbu labo manggemada, irae wancu auku caruna. sayab hendra sekarang di malang, thankz buat mas alan malingi kami ucapkan teruskan promosi bima dan tunjukan kalo bima adalah the best kulture. l love bima

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s