Pelabuhan Sape Gerbang Bima Timur

Sejak dulu kecamatan Sape dengan pelabuhan Ferrynya telah menjadi pintu Gerbang memasuki tanah Bima dari sebelah timur. Sejak dulu pula arus barang dan jasa serta perjalanan manusia terhubung melalui selat Sape yang indah mempesona ini. Dalam sejarah Bima, Sape merupakan pintu masuk Islam pada sekitar abad ke-17.

Di kecamatan Sape dan Lambu ini lah beberapa jejak sajarah Islam dapat ditemukan seperti Wadu Sura di Saru, Wadu Parapi di Paranggina, Temba Romba, Nanga Nur dan Bukit Nanga Nur yang menjadi tempat peristirahatan terakhir Datuk Di Banda dan Datuk Di Tiro.
Pelabuhan Sape menghubungkan Bima dengan seperti Labuan Bajo di Manggarai Barat dan juga Sumba serta Sulawesi dan Kalimantan. Setiap hari komoditi unggulan Bima keluar lewat Sape seperti bawang ,padi dan palawija, serta ternak. Sebaliknya dari NTT berbagai komoditi seperti pisang, Alphokat dan komoditi lainnya juga masuk ke Bima melalui Pelabuhan ini. Posisi pelabuhan ini memang cukup strategis karena terletak di teluk Sape yang indah dikelilingi pulau-pulau mungil yang cukup potensial untuk wisata bahari.
Kecamatan Sape memiliki luas 24.453 Ha. Mata pencaharian penduduknya adalah nelayan, bertani, berdagang dan juga PNS. Sape menempati rangking tertinggi produksi ikan untuk kabupaten Bima yang mencapai sekitar 12 ribu ton pertahun. Di Sape juga terdapat budidaya Mutiara yang dikelola oleh PT. Bima Sakti Mutiara dan juga komoditas Sarang Burung Waletnya.

2 thoughts on “Pelabuhan Sape Gerbang Bima Timur

  1. thyka sape Desember 13, 2010 / 6:34 am

    saya ingin pelabuhan sape di kembangkan lagi,,, sl.x pelabuhan nya masih begitu stabil,,,,,,,,,

    • Romantika Bima Desember 15, 2010 / 10:39 am

      memang ada rencana peningkatan dan perluasan dermaga pelabuhan Sape tahun 2011 ini. ditunggu aja ya…begitu info dari pemerintah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s