Keris Samparaja

DSC01883Keris memiliki pesona tersendiri yang diwujudkan dalam ragam hiasan penuh dengan aneka batu berharga seperti bertahtakan batu lazuardi, batu pirus, akik, emas, intan dan berlian. Salah satu karya unik dan bernilai tinggi dari leluhur Bima adalah Keris kebesaran sultan yaitu Tatarapang berjuluk Samparaja yang bertahtakan intan dan berlian dengan sarung berlapis emas. Keris ini dibuat pada sekitar abad XVIV pada masa pemerintahan Raja Indera Zamrut dan digagangnya terdapat ukiran Sang Bima. Terdapat 6 lagi keris tatarapang istimewa yang semuanya terbuat dari emas. Keris tersebut meliputi dua keris Jena Teke ( Putera Mahkota) dan empat lagi berasal dari Reo NTT yang merupakan salah satu daerah kekuasaan kerajaan Bima hingga akhir abad XVIII.

Tatarapang artinya keris jabatan sultan dan pejabat kerajaan. Terdapat 35 jenis keris Tatarapang yang dibuat disesuaikan dengan jenis dan tingkatan jabatan para pejabat di lingkungan Istana Bima.  Aturan Tataparang kepangkatan diatur sedemikian rupa. Kepangkatan disimbolkan dengan emas dan perak. Berikut beberapa jenis kepangkatan serta simbolnya : Rato Renda 1 emas, Rato Tolotu 1 emas, Rato Ntjandi 1 emas, Rato Tonggorisa 1 emas, Rato roka 1 emas, Rato Sari sape 1 emas. Sedangkan yang bersimbol perak antara lain Bumi Sumpi Mbojo, Bumi sumpu Bolo, Anangguru Parewa dan anangguru Partiga.

Menurut Sejarahwan M. Hilir Ismail, masih banyak barang berharga yang tak kalah artistik, unik dan bernilai sejarah tinggi. Pada tahun 1982, Pemkab. Bima membentuk tim pencatat/peneliti benda pusaka budaya eks. Kesultanan Bima. Tim mencatat jumlah benda pusaka 75 buah meliputi aneka jenis senjata seperti keris emas dan barang lain dari emas dan perak.

Penulis : Alan Malingi

Sumber  :

  1. Ensiklopedia Bima, Muslimin Hamzah
  2. Koleksi Museum Asi Mbojo
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s