Empang – Empang Harapan

Satu lagi potensi Bima yang perlu terus dikembangkan dan diberdayakan yaitu potensi budidaya ikan air tawar di berbagai Empang masyarakat baik di kota maupun Kabupaten Bima. Keberadaan Dam Pelaparado di kabupaten Bima dan Mata Air Nungga di kota Bima selain bisa dimanfaatkan untuk pengairan dan air bersih, dapat juga dimanfaatkan untuk empang masyarakat dalam rangka pembudidayaan ikan air tawar.

Data dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Bima tahun 2009, tingkat konsumsi ikan  masyarakat  Bima  dari tahun ke tahun cukup meningkat. Hal itu terbukti dari  target 19,47% terealisasi 23,4% pada tahun 2009. Sehingga dengan adanya nilai yang dicapai tersebut maka tingkat konsumsi ikan di kabupaten Bima saja melampaui target propinsi NTB yaitu sebesar 20,19% dan target nasional sebesar 20,6%.

Komoditi ikan air tawar di Kabupaten Bima dan potensi lestarinya mengalami kenaikan yang cukup tinggi mencapai 10,167 ha, baru dimanfaatkan 0.97% yaitu tersebar di 4 kecamatan yaitu kecamatan Monta, Woha, Bolo dan Madapangga.  Sedangkan di kota Bima tersebar di beberapa wilayah kelurahan seperti Matakando, Dodu, dan Nungga serta di kelurahan Nobo.

DiKabupaten Bima jumlah kelompok pembudidayaan lebih kurang 59 kelompok dengan jumlah rumah tangga lebih kurang 210 orang. Disamping itu pula untuk produksi  ikan air tawar tahun 2009 baru mencapai 10.712 ton yang terdiri dari jenis ikan nila, ikan lele, dan ikan kerapu. Melihat potensi yang ada, Pemerintah Kabupaten Bima memberikan dukungan  untuk pelaksanaan program pembudidayaan ikan air tawar ini meliputi penyediaan bibit sebanyak 27.150 ekor ikan nila, 48.200 ekor bibit ikan lele 15.110 ekor, bibit ikan  kerapu 10.150 ekor.

Pembudidayaan   ikan air tawar yang dilakukan oleh masyarakat yang tersebar di kota maupun kabupaten Bima, mempunyai prospek yang menjanjikan dalam rangka untuk pembibitan serta pemeliharanya, sehingga kedepan dapat meningkatkan pendapatan  perkapita para anggota  kelompok.  Sebab hampir setiap hari para pedagang warung makan maupun pedagang-pedagang ikan bakar, lele dan ikan air tawar di Kota Bima dan Dompu mendatangi empang-empang warga untuk membeli jenis-jenis ikan seperti lele Dumbo, nila, karpet dan lain-lain.   Keberadaan Empang-empang ini tentunya   membuka lahan pekerjaan bagi para petani khususnya para petani yang bergerak di bidang perikanan,  dan  dapat menekan angka pengangguran.

Menurut Kadis DKP Kabupaten Bima Ir. Abidin Hamzah  bahwa bantuan bibit ikan untuk kelompok-kelompok masyarakat di kabupaten Bima berkat usaha dan lobi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bima dengan pengusaha yang bergerak di bidang budidaya perikanan yang berada di wilayah pasuruan – Jawa Timur. Jenis bantuan yang diberikan kepada kelompok-kelompok petani ikan air tawar di kabupaten Bima antara lain berupa bibit Lele Dumbo sebanyak 100.000 ekor, Bibit Nila Giff sebanyak 80.000 ekor, Induk Lele Dumbo sebanyak 1000 ekor, hormone Penyuntikan induk 10 botol, bibit lele KLP 200 ekor, bibit KLP. Kades Ila dan Lele 300 ekor. (Sumber Press Realise Humas Protokol Pemkab. Bima)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s