Rumput Laut Di Pantai Harapan

Budidaya rumput laut terkonsentrasi pengembangannya pada wilayah Kecamatan Sape, Lambu, Langgudu dan Wera dengan rata-rata produksi per tahun mencapai 171 Ton. Pengolahan yang baik dapat meningkatkan produksi. Budidaya rumput laut akan tetap dikembangkan guna menjawab tantangan pasar yang  permintaannya terus mengalami peningkatan setiap tahun. Potensi pesisir yang cocok untuk rumput laut merupakan peluang untuk terus meningkatkan produksi rumput laut di Kabupaten Bima guna memenuhi permintaan ekspor yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Di Kota Bima juga terdapat areal pembudidayaan Rumput Laut yang dalam Bahasa Bima disebut KAHAO. Lokasinya adalah di sekitar pantai So Nggela, Bonto hingaa Toro Rui Londe di kecamatan Asa Kota.

Rumput Laut atau Gulma Laut merupakan salah satu sumberdaya hayati  yang terdapat di wilayah pesisir dan laut.   Yang dimaksud sebagai gulma laut  adalah anggota dari kelompok vegetasi  yang dikenal sebagai alga  (“ganggang”). Sumberdaya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Gulma laut alam biasanya dapat hidup di atas substrat pasir  dan karang mati. Di beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, gulma laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak. Di pantai selatan Jawa Barat dan Banten misalnya, gulma laut dapat ditemui di sekitar pantai Santolo dan Sayang Heulang di Kabupaten Garut atau di daerah Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang. Sementara di daerah pantai barat Sumatera, gulma laut dapat ditemui di pesisir barat Provinsi Lampung sampai pesisir Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam (www.Wikipedia.org).

Sebagai bahan pangan, rumput laut telah dimanfaatkan bangsa Jepang dan Cina semenjak ribuan tahun yang lalu. Sebenarnya apa rumput laut itu?. Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga, masyarakat Eropa mengenalnya dengan sebutan seaweed. Tanaman ini adalah gangang multiseluler golongan divisi thallophyta. Berbeda dengan tanaman sempurna pada umumnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang dan daun. Jika kita amati jenis rumput laut sangat beragam, mulai dari yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang. Rumput laut biasanya hidup di dasar samudera yang dapat tertembus cahaya matahari. Seperti layaknya tanaman darat pada umumnya, rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Warna inilah yang menggolongkan jenis rumput laut. Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae).

Hal tersebut tidaklah mengherankan, karena ternyata rumput laut mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap. Secara kimia rumput laut terdiri dari air (27,8%), protein (5,4%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%) dan abu (22,25%). Selain karbohidrat, protein, lemak dan serat, rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D, E dan K) dan makro mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium dan selenium serta mikro mineral seperti zat besi, magnesium dan natrium. Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10 -20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat.( http://kir-31.blogspot.com/2009/11/khasiat-dan-manfaat-rumput-laut.html)

2 thoughts on “Rumput Laut Di Pantai Harapan

  1. dhara zhamawa Mei 24, 2010 / 2:49 pm

    tulisan y fantastis pa alan. rumput laut ini juga baik untk penceranaan, terutama bwat yang usia lanjut. bisa diolah dalam bentuk masakan atau penganan (kue). apa lagi ketika bulan puasa menjelang, rumput laut banyak sekali dipasarkan untuk menu khas buka puasa. perlunya pihak pemerintah terkait membantu petani rumput laut dalam hal pemasarannya. BRAVO untuk catatany. ditunggu sampai yang ke 100

  2. fahrymuda Sape Mei 24, 2010 / 4:32 pm

    tulisan bagus. saya sedang meneliti senyawa rumput laut dr spesies sargassum cristaefolium untuk senyawa anti tumor. moga tesis ini memperkuat salah satu manfaat rumput laut sebagai alternatif pengobatan medis masa depan. kunjungi blos saya :http://elfahrybimantara.blogspot.com/
    semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s