Bawang Keta Monca

Bawang  merah merupakan komoditi andalan Kabupaten Bima dan ditanam pada beberapa wilayah kecamatan, diantaranya : Kecamatan Belo, Monta, Sape, Lambu, Ambalawi dan Wera, dengan luas area potensial pengembangan pertanian bawang merah mencapai 7.227 Ha, Hasil produksi mencapai 87.868 ton per tahun   dengan luas areal 7.227 ha (BPS, 2008). Hasil bawang telah memberikan sumbangan yang sangat besar terhadap pendapatan masyarakat. Bawang telah diekspor keluar daerah, seperti Bali, Jawa, Makassar dan Banjarmasin.

Bawang Keta Monca saat ini telah menjadi komoditi unggul nasional. Pemerintah Pusat melalui Departemen Pertanian telah mengmbangkan varietas ini untuk dikembangkan di berbagai wilayah seperti di Pamekasan Madura dan Palu Sulawesi Tenggara.  Program pengembangan bawang merah melalui benih unggul bersertifikati itu diharapkan bisa mengurangi ketergantungan terhadap bawang merah impor. Pasanya, selama ini Indonesia kerap mengimpor bawang menyusul minimnya produksi dalam negeri. Selain Keta Monca, varietas Super Philip juga menjadi primadona tersendiri bagi petani di Bima saat ini. Pemerintah Kabupaten Bima merencanaakn untuk menjadi daerah sentra bawang merah  untuk memenuhi kebutuhan nasional, minimal lebih dari 1000 ton.
Berkaitan dengan hal itu, jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Bima mengembangkan benih bermutu varietas unggul bawah merah di Kabupaten Bima dan telah disiapkan 10  penangkar benih pada sembilan desa.

Bawang Merah merupakan jenis tanaman Herba semusim, tidak berbatang. Daun tunggal memeluk umbi lapis. Umbi lapis menebal dan  berdaging, warna merah keputihan. Perbungaan berbentuk bongkol, mahkota bunga berbentuk bulat telur. Buah batu bulat, berwarna hijau. Biji segi tiga warna hitam. Bagian yang Digunakan Umbi lapis. Disamping digunakan untuk berbagai bumbu dan aneka olahan masakan, Bawang Merah juga memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti demam, batuk, kencing manis dan penyakit lainnya. (Sumber Brosur Ekonomi Setda Kab. Bima, Khaeruddin Bimeks blog dan Google )

One thought on “Bawang Keta Monca

  1. Oxiand Thomas Mei 27, 2016 / 7:47 am

    Mohon informasi tentang bawang merah varietas Keta Monca, saya ingin dapat informasi tentang ;
    1. Harga per kg
    2. Lampiran Sertifikat Bawang
    3. Dukungan penangkar benih..
    Terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s