Kolo “ Importir” Barang Singapura

Entah sejak kapan, masyarakat kelurahan Kolo ini menjalin hubungan dengan orang-orang Singapura. Menurut penuturan Ibrahim Ama La (70 thn), pada zaman dulu terutama ketika menjelang Idhul Fitri ada kapal asing yang berlabu di tengah laut. Lalu nelayan dan masyarakat Kolo berbondong-bondong ke kapal itu untuk membeli barang-barang berupa pakaian bekas dengan harga murah yaitu sekitar Rp.2.500 hingga Rp.5.000. Jalinan persaudaraan it uterus berlanjut dari tahun ke tahun. Pada perkembangan selanjutnya, kapal-kapal Singapura ini menawarkan paket dalam partai besar dalam bentuk satu karung pakaian bekas yang dijual dengan kisaran harga antara Rp.150.000 hingga Rp.500.000. Tapi rata-rata harganya pada saat itu sebesar Rp.175.000 per karung.

Namun sejak sepuluh tahun terakhir sudah banyak pemilik modal di Kolo yang langsung menuju Singapura menggunakan kapal-kapal layer kecil. Disana mereka menjalin hubungan dengan para Toke yang menjadi mitra bisnis. Dan sekarang bukan hanya pakaian bekas yang dibawa para pedagang Kolo dari Singapura tapi juga barang-barang elektronik sperti TV, Radio, Kulkas, AC,Komputer, Laptop, Handphone dan produk elektronik lainnya.

Masuknya barang-barang Singapura membuat kelurahan ini sagat ramai dikunjungi oleh warga di luar Kolo. Kerahan Kolo terletak di pinggir perairan Selat Bima merupakan pintu masuk bagi kapal-kapal yang umumnya berlayar mengarungi Laut Flores. Kolo masuk dalam wilayah kecamatan Asa Kota dengan jumlah penduduk lebih dari 3000 jiwa. Luas wilayah kelurahan ini adalah 9,25 km dan berjarak sekitar 15 Kilometer dari pusat Kota Raba di Kota Bima. Mata pencaharian warga sebagian besar adalah nelayan, petani dan pedagang terutama pedagang barang-barang bekas dari Singapura.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s