Bendungan Di Tepi Teluk

Teluk Wawaroda Bima memang menyimpan pesona alam yang mempesona. Teluk yang berada di bibir Samudera Hindia itu dikelilingi oleh gunung dan lembah yang memang masih rimbun. Di sebelah utara Teluk Waworada terdapat sebuah bendungan kecil yang aliran sungainya mengalir hingga ke teluk Waworada. Warga setempat memberi nama bendungan itu dengan Bendungan Sori Na’e ( Bima : Sungai Besar).Hal itu didasari oleh cerita rakyat setempat bawa di lereng gunung di sekitar Waworada pada zaman dulu terdapat sungai besar yang membentang sepanjang pegunungan dan engalir hingga ke teluk Waworada.  Bendungan ini dibangun pada tahun 1991 bertepatan dengan masuknya Perusahaan Tambak Udang di wilayah sekitar teluk Waworada.

Debit air di Bendungan ini mampu mengairi lahan sekitar 20 hektar di desa Waworada dan sekitarnya. Beberapa tahun setelah Bendungan ini dibangun, debit airnya cukup besar dan mengalir sepanjang musim. Namun saat ini debit air di bendungan ini berkurang pada musim kemarau karena adanya pembabatan hutan di sekitar bendungan, terutama di atas puncak gunung Waworada.

Perlu upaya serius untuk merehabilitas kawasan hutan di sekitar Teluk Waworada dan Bendungan Sori Na’e agar debit airnya tetap terjaga dan keasrian alam tertap terjamin. Bendungan ini juga menjadi salah satu obyek wisata menarik bagi warga di sekitar teluk Waworada. Namun sampah bekas makanan berserakkan di sekitar bendungan ini yang menyebabkan pemandangan di sekitar bendungan tampak kotor. Perlu panataan di sekitar lokasi Bendungan Sori Na’e untuk tujuan Wisata Alam dengan membersihkan sekitar areal Bendungan, membangun baruga dan pondok2 kecil untuk penginapan, serta pemagaran keliling untuk menjamin keamanan di dalam wilayah bendungan ini.

Iklan

One thought on “Bendungan Di Tepi Teluk

  1. Eka Maret 9, 2012 / 12:01 pm

    Apakah sudah ada yg mengelola bendungan sori na’e secara profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s