Gambaran Umum Kabupaten Bima

Kabupaten Bima merupakan salah satu daerah otonom di propinsi Nusa Tenggara Barat, terletak di ujung timur pulau Sumbawa tepatnya pada posisi 70-30 lintang selatan dan 117-30 bujur timur, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

–         Sebelah utara berbatasan dengan Laut Flores

–         Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia

–         Sebelah Barat berbatasan dengan kabupaten Dompu

–         Sebelah timur berbatasan dengan Selat Sape

Luas wilayah Kabupaten Bima adalah 437,465 Ha atau 4.394, 38 Km 2 atau sama dengan 22,10 % dari wilayah Propinsi NTB, terdiri dari 18 kecamatan, 168 desa dan 419 dusun. Secara umum topografi Kabupaten Bima berbukit-bukit. Setiap wilayahnya mempunyai topografi yang cukup bervariasi dari datar hingga bergunung-gunung dengan ketinggian antara 0 -477,50 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten Bima beriklim tropis dengan musim hujan yang relative pendek yakni dari bulan Desember sampai dengan Maret. Sedangkan berdasarkan data kependudukan tahun 2007, penduduk Kabupaten Bima berjumlah 410. 322 jiwa, terdiri dari laki-laki 209.933 jiwa dan perempuan 200.389 jiwa.

Kabupaten Bima memiliki 1 (satu) buah pelabuhan laut regional dan 1 (satu) buah pelabuhan ASDP lintas penyeberangan di Kecamatan Sape menuju Pulau Komodo, Labuan Bajo dan Ende Nusa Tenggara Timur serta 12 (dua belas) pelabuhan lokal yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Bima Nomor : 57 Tahun 2006. Pelabuhan regional tersebut berada di kecamatan yang hingga saat ini belum dapat disandari oleh kapal-kapal yang bertonase besar karena dangkal. Selain itu masih terdapat pula satu pelabuhan khusus untuk mengekspor hasil tambang mangan yang letaknya di Desa Laju Kecamatan Langgudu.

Pelayanan jasa angkutan udara dilaksanakan melalui Bandar Udara M. Salahuddin Bima yang merupakan satu-satunya bandar udara yang ada di wilayah Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu. Bandar Udara M. Salahuddin Bima kini telah mampu melayani pesawat jenis Fokker 26, diantaranya pesawat Merpati dan Trans Nusa. Rute yang dilalui yakni penerbangan dari Bima menuju Mataram, Denpasar, Surabaya dan Jakarta.

Untuk meningkatkan pelayanan jasa angkutan udara, Pemerintah Kabupaten telah melakukan perluasan dan perpanjangan landasan pacu Bandar Udara M. Salahuddin Bima  dari 1.650 m x 45 m menjadi 2.250 m x 45 m, yang diiringi dengan peningkatan sejumlah sarana dan prasarana pendukung bandara lainnya.

Keadaan alamnya yang begitu indah, masyarakatnya yang ramah dan keunikan budaya lokalnya yang beranekaragam serta posisinya yang berada pada jalur segitiga emas daerah tujuan wisata Bali, Tanah Toraja dan Komodo telah menempatkan Kabupaten Bima sebagai daerah yang menyimpan sejuta pesona untuk dikunjungi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Secara garis besar obyek wisata di Kabupaten Bima terbagi kedalam 4 (empat) jenis Wisata, yakni Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Religi / Ziarah dan Wisata Kesenian Tradisional.

Iklan

5 thoughts on “Gambaran Umum Kabupaten Bima

  1. tour murah bali Juli 12, 2010 / 2:08 am

    Thanx infonya,
    moga bima dengan 4 jenis wisatanya bisa mengejar wisata bali

    • Romantika Bima Juli 12, 2010 / 2:26 pm

      mudah2an…tp masih jauh di awang2… karena blm ada kebijakan yg pro terhadap pengembangan wisata.

  2. lailasayang Mei 26, 2013 / 8:59 am

    Wah Bima sekarang udah maju tuh. saya sangat senang karena makin banyak potensi wisata di Indonesia.yg nantinya membawa nama Indonesia ke manca negara.saya juga senang karena bima adalah kampung saya.

  3. lailasayang Mei 26, 2013 / 9:03 am

    Saya sangat senang mengetahui info tentang pariwisata di kabupaten bima. Nantinya akan menambah potensi wisata di Indonesia yang akan membawa nama Indonesia ke mancanegara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s