Wisata Sejarah Ke Museum Asi Mbojo

Anda ingin melihat benda-benda bersejarah serta tempat tinggal raja dan sultan Bima di masa lalu ? Nah, salah satu tempat yang akan memberikan informasi serta menambah wawasan anda tentang kerajaan dan kesultanan Bima adalah di Museum Asi Mbojo yang dulunya merupakan Istana bagi raja dan sultan Bima.

Museum ASI Mbojo ( Istana Bima) dikonstruksi dengan campuran gaya eropa dan  Bima pada tahun 1927 oleh Mr. Obzicshteer Rehata dan selama ini dijadikan sebagai museum dimana anda bisa melihat barang – barang serta pakaian adat yang digunakan pihak Istana Kerajaan serta para prajurit waktu itu. Beberapa barang itu ada yang terbuat dari emas, perak dan tembaga seperti mahkota, payung, keris, senjata, perlengkapan kuda istana dan lain – lain serta dapat dilihat barang – barang yang diperggunakan untuk aktivitas sehari – hari.

Benda-benda yang dipamerkan di Museum Asi Mbojo ini tidak hanya berasal dari zaman kerajaan dan kesultanan, akan tetapi benda-benda purba kala sebelum masa kerajaan dan kesultanan Bima juga dapat anda lihat di tempat ini. Museum Asi Mbojo terletak di pusat kota Bima. Lokasinya terletak di sebelah timur pasar raya Bima dan di depannya terdapat sebuah Tanah Lapang atau Alun-alun yang dikenal dengan nama SERA SUBA. Sera berarti tanah lapang, Suba berarti perintah. Sera Suba merupakan tanah lapang tempat para raja dan sultan memberikan perintah berkaitan dengan kepentingan rakyat dan negeri.(*alan)

3 thoughts on “Wisata Sejarah Ke Museum Asi Mbojo

  1. fitri Maret 25, 2010 / 6:57 am

    Bagus, semua di kupas secara ringan…tapi sayang informasinya terlalu sedikit untuk mengupas sejarah budaya yang terkandung dalam setiap item judul…kalau bisa tolong masukkan lagi informasi yang lebih detil meski di lemparkan secara umum. makasih….

    • alanmalingi Maret 30, 2010 / 5:44 am

      trims,,,, memang saya akui masih dangkal datanya. tp akan saya lengakpi dengan penelusuran lebih lanjut tentang aset-aset itu. trims ya… dukung trus aja blog ini untuk Dana Mbojo….

  2. MbojoNet Januari 8, 2012 / 4:39 am

    butuh political will dari pemerintah untuk mengangkat potensi wisata bima, selama ini bima hanya sebagai kota singgah wisatawan dari atau menuju lombok – komodo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s