Desa Di Tengah Laut

Inilah Desa Bajo Pulo kecamatan Sape Kabupaten Bima-NTB. Letak desa ini adalah di sebuah pulau kecil yang bernama Bajo.Dilihat dari bentuk rumah dan kebiasaan, bahasa yang terkadang dipakai, serta aktifitas kesehariannya penghuni desa ini adalah berasal dari orang-orang Bugis dan Makassar yang memang telah terkenal sebagai pelaut ulung sejak masa silam. Namun belum diketahui secara pasti kapan orang-orang mendiami pulau ini.

Desa ini dapat ditempuh dengan menggunakan Perahu Motor sekitar 30 Menit dari Dermaga Sape. Sebagian besar penduduknya menggantungkan hidup dari laut. Rata-rata mereka memiliki perahu/sampan untuk menangkap ikan. Ada juga yang melakukan budi daya rumput laut dan dan bergelut di bidang usaha kelautan lainnya. Selama perjalanan menuju desa ini, kita disuguhkan dengan pemandangan dan pesona selat Sape yang indah dan bersahaja. Di sisi kiri dan kanan sejauh mata memandang tampak kota Sape yang penuh dinamika, pulau kelapa, pantai-pantai yang mempersona serta sapaan burung-burung laut yang bermain di antara deru ombak.

Desa ini adalah asset dan anugerah terindah yang diberikan Tuhan untuk Bima dan bangsa ini. Hanya sebuah kearifan yang dapat menjaga kelestarian alam dan ekosistim di sekitarnya sehingga desa dan pulau ini tidak tenggelam oleh abrasi dan ancaman naiknya permukaan laut sebagai dampak dari pemanasan global.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s