Bima Bisa Jadi Kota Arkelogi Dunia

Dana Mbojo sudah sangat terkenal dengan sejumlah situs kepurbakalaan. Bahkan beberapa peninggalan menjadi salah satu titik penelitian ilmiah yang mendunia. Sebut saja situs  Tambora yang kini menjadi incaran peneliti-peneliti arkelogi dunia, bahkan mereka rela untuk menginap berlama-lama di sana. Pemerintah kini giat melakukan berbagai upaya untuk  melestarikan dan menjaga keberadaan situs-situs yang menjadi kebanggaan masyarakat Bima, bisa jadi Bima menjadi kota arkelogi dunia.

Secara prinsip situs sejarah adalah hasil karya manusia yang sudah berumur minimal 50 tahun dan memiliki nilai sejarah dan berguna untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan kedepannya. Ini yang harus disadari, nilai sejarah itu tidak akan pernah berulang, bahwa satu saja benda cagar budaya yang hilang, satu nilai sejarah telah hilang. Situs merupakan bukti fisik yang nyata tentang keagungan peradaban masyaraktat Bima dahulu.

Beberapa situs peninggalan cagar budaya terus menjadi fokus perhatian pemerintah daerah. Meskipun demikian menurut Nurdin masih menyisahkan beberapa masalah seperti masih banyak situs-situs arkelogi yang memiliki nilai sejarah yang tinggi tidak dijaga. Memang ada kerjasama dengan Balai Arkeologi Denpasar untuk masalah ini, tetapi menurut Nurdin sejak 2 tahun terakhir penjaga situs tidak lagi mendapatkan insentif dari pemerintah daerah, sehingga keluhannya penjaga situs hanya bisa bekerja dengan suka rela tanpa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Sampai saat ini beberapa situs andalan di Bima disamping Tambora adalah Istana kesultanan Bima dan lingkungannya, Situs Wadu Pa’a. Sementara situs lainnya masih banyak 59 situs kepurbakalaan yang tersebar di desa dan pegunungan hampir diseluruh wilayah kabupaten Bima. Hanya sebagaian kecil yang mampu dirawat karena keterbatasan dana, disamping lokasinya sulit dan susah dilalui kendaraan roda dua, rata –rata petugas jalan kaki sampai 7 – 8 jam ditambah harus dilalui dengan berkuda.

2 thoughts on “Bima Bisa Jadi Kota Arkelogi Dunia

  1. Uly Hasnun Maret 4, 2011 / 5:55 am

    bisa minta tolong alamat ttg keberadaan ke 59 situs kepurbakalaan tersbut,,insya Allah kalau pulang ke bima ingin menjelajah budaya bima

    • Romantika Bima Maret 6, 2011 / 12:31 am

      Tambora, Wadu Pa’a, Wadu Nocu,Wadu Wawi, Wadu Ntanda Raqhi, Asi Mbojo, Museum Samparaja, Nanga Nur di Sape, Temba romba di Lambu, Makam Dana Taraha, makam toloBali, Masjid Sultan muhammad Salahuddin dan lain2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s