Kuburan Di Atas Kota

Tahukah anda bahwa di Kota Bima ada sebuah kuburan bersejarah yang letaknya di atas kota Bima?. Kuburan itu adalah Kuburan Dana Taraha yang merupakan kompleks pemakaman raja-raja dan sultan Bima disamping kuburan yang terletak di sebelah barat Masjid Sultan Muhamamad Salahudin maupun di kompleks Tolobali.

Kompleks kuburan Dana Taraha terletak di atas sebuah bukit yang berjarak 1 km dari Terminal Bus Bima. Lokasi ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan roda dua tau roda empat dari terminal Dara Kota Bima dengan mendaki bukit kecil menulusuri jalan yang sudah dihotmix.
Di kompleks pemakaman ini anda dapat melihat kuburan Sultan Bima Pertama yaitu Sultan Abdul Kahir, petinggi Kerajaan Bima antara lain – Abdul Sama Ompu Lamuni yang dulunya merupakan perdana menteri Kesultanan Bima, Sultan Bima kedua yaitu Sultan Abdul Khair Sirajuddin, kuburan Sultan Nurdin yang memerintah antara tahun 1682 – 1687, para mubaliq penyiar agama Islam di Bima, serta makam sultan Abdul Kahir II, putera dari Sultan Muhamamad Salahuddin.
Dari atas bukit Dana Taraha anda akan dapat melihat suasana kota Bima serta keindahan teluk Bima terutama di waktu pagi dan senja. Masyarakat local banyak berdatangan di tempat ini disamping untuk berziarah, juga memanfaatkan waktu untuk berolahraga serta bersantai bersama teman-teman dan keluarga. Bagi anda yang punya bakat dan hobby menjadi fotografer, tidak ada salahnya anda mencoba berkunjung ke Kompleks pemakaman raja dan sultan Bima di Dana Taraha ini.(*alan)

Iklan

2 thoughts on “Kuburan Di Atas Kota

  1. Mury Warsito RAhman Juli 14, 2010 / 11:49 am

    yang pernah saya baca dan lihat, bahwa kuburan sultan bima II Sultan Abil Khair Sirajuddin berada di kuburan tolobali..

    • Romantika Bima Juli 15, 2010 / 2:58 am

      iya benar. tp itu kuburan Abdul Kahir I dan II bukan abdul khair sirajuddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s