Oleh: Alan Malingi | Juli 14, 2010

Tombak Dan Sondi Berlapis Emas

Terdapat lima buah tombak dan delapan buah Sondi(Pedang khas Bima) yang merupakan koleksi museum Asi Mbojo. Ada yang bermata dua dengan tangkai emas, sepanjang tiga belas ruas. Sarungnya terbuat dari perak. Dua tombak dengan cincin (“Kele”) emas panjang dan bersisik. Satunya bercincin emas pendek. Sementara tombak lain bercabang dengan cincin emas. Cincin pada senjata jenis golok atau tombak terletak pada pertemuan pangkal gagang dengan perangkat golok, biasanya berfungsi sebagai aksesories sekaligus penguat.

Sementara senjata lainnya adalah Sondi. Diantaranya terdapat empat sondi asal Reo(NTT), satu dari emas dengan gagang emas. Sedangkan tiga lainnya dari perak dengan hulu tanduk. Sondi adalah senjata jabatan untuk pejabat yang mempunyai pasukan (Komandan Laskar). Dua sondi lagi terbuat dari emas berhulu gading sedangkan dua lainnya terbuat dari perak dan sama-sama berhulu gading. Namun Toli (hiasan gagang bagian muka) dan Bate ( tanda jabatan yang diletakan di atas Toli)  terbuat dari emas.(Diadaptasi dari Buku Ensiklopedia Bima, Muslimin Hamzah)

About these ads

Responses

  1. JADIKAN INI SUATU REFRENSI KUAT BAGI SEJARAH BIMA-DOMPU,,KITA MAMPU MENGENAL KAN RGAM BUDAYA DAN KEKAYAAN PENINGGALAN NENEK MOYANG KITA KE MATA DUNIA,,BAHWA INDONESIA KAYA AKAN TRADISI DAN ADAT ISTIADAT YANG KUAT,,DAN RELIGIUS,,GO,,GO BIMA,,KAMU MAMPU,,?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 116 pengikut lainnya.